HAKI dalam Pendidikan

Seperti kutipan, “jika ada pelajaran selama setengah abad yang lalu mengenai perkembangan ekonomi adalah bahwa sumber daya alam tidak menggerakkan ekonomi; sumber daya manusia yang melakukan itu” (The Washington Post edisi 28 April 2001). Maka dari itu pengembangan SDM mutlak perlu, agar dapat memanfaatan SDA yang ada dan tidak hanya tergantung pada keahlian atau pengetahuan SDM asing. Presiden Nyrere pernah mengungkapkan, alih teknologi merupakan kewajiban hukum dari negara maju ke negara berkembang; jadi bukan atas dasar belas kasihan.

Agreement on Trade Related Aspects of Intellectual Property Rights sendiri menekankan sistem HaKI dimaksudkan untuk “contribute to the promotion of technology, to the mutual advantage of producers and users of technological knowledge and in a manner conductive to social and economic welfare, and to a balance of rights and obligations”.
Modal intellectual capital akan menjadi lebih penting dan strategis fungsinya, bila dibandingkan dengan physical capital, yang sebelumnya menjadi sumber utama proses produk barang-barang konsumsi untuk kesejahteraan umat manusia.

Secara historis, undang-undang mengenai HaKI pertama kali ada di Venice, Italia yang menyangkut masalah paten pada tahun 1470. Caxton, Galileo dan Guttenberg tercatat sebagai penemu-penemu yang muncul dalam kurun waktu tersebut dan mempunyai hak monopoli atas penemuan mereka. Hukum-hukum tentang paten tersebut kemudian diadopsi oleh kerajaan Inggris di jaman TUDOR tahun 1500-an dan kemudian lahir hukum mengenai paten pertama di Inggris yaitu Statute of Monopolies (1623). Amerika Serikat baru mempunyai undang-undang paten tahun 1791.

Sosialisasi HAKI bagi TI

Juli 2003 Menteri Kehakiman dan HAM beserta KAPOLRI bekerja sama dalam pemberlakuan Undang-Undang Hak Cipta No. 19 tahun 2002, departemen terkait ikut mensosialisasikan undang-undang ini kepada bangsa Indonesia dengan kerja nyata dan misi mulianya. HAKI bagi masyarakat Indonesia, yang baru-baru ini telah berlaku, banyak masyarakat mempertanyakan, atas ketidak siapan mereka menerima regulasi baru pemerintah. Sementara pemerintah mau tidak mau harus menjunjung tinggi hukum atas HAKI yang merupakan harga mati dan konsekwensi serius bagi negara-negara yang melanggarnya. Tanpa terasa pembajakan CD, VCD, DVD, CD software sudah menjadi bagian dari bangsa ini, sehingga masyarakat dari berbagai kalangan dapat menikmati aneka ragam manfaat dari pembajakan ini dari hulu sampai hilir. Bagaimana tidak, masyarakat tidak memiliki daya beli yang cukup tinggi untuk menikmati informasi dan infotainmen actual yang beredar saat ini. Untuk kalangan pelajar-mahasiswa, pengusaha kecil menengah, maupun pemerintahan sudah mendarah daging dengan software bajakan. Kita senang dengan teknologi terbaru dan terus mengikuti perkembangan TI di Indonesia, dengan modal hanya dua puluh ribu perak sudah mendapatkan berbagai macam versi operating system versi Microsoft termasuk aplikasi nya. Sehingga kita terpaku dengan begitu gemerlapnya teknologi microsoft yang tidak terasa telah memonopoli dan mengebiri kebebasan berkarya.

Di bagian dunia infotainmen lain lagi ceritanya, pembajakan CD lagu sudah merupakan momok menakutkan bagi artis-artis di Indonesia. Mereka bersama-sama menkampanyekan umbul-umbul bendera HAKI yang mereka percayai sebagai bagian dari proses preventif pembajakan. Sementara masyarakat kita butuh sesuatu yang fleksibel, customize, murah, dan mudah dinikmati. Mereka tidak membutuhkan seluruh album lagu yang dimiliki oleh seorang atau suatu grup musik, karena mungkin lagu yang mereka nikmati tidak semuanya enak didengar dan hit pada saat itu. Mungkin hanya 1 atau 3 buah judul lagu saja dalam satu album, sisanya mereka ingin mendengar dan mendapatkan lagu-lagu lain dari artis atau grup musik lainnya. Menurut kawan saya, di Jerman, gerai CD dan VCD lagu, sudah membidik cara efektif untuk menghindari pembajakan lagu, calon pembeli boleh memilih lagu yang mereka minati kemudian pemilik gerai toko siap dengan perangkat teknologi sederhananya membakar CD, kemudian pembeli sudah mendapatkan CD yang mereka customize kandengan harga murah. Teknologi lainnya dengan fasilitas internet, suatu grup musik atau artis, dapat mempromosikan lagu dan profilenya pada suatu website. Dalam website tersebut penggemar dan pembeli dapat membeli dengan cara memilih lagu yang diminati dan kemudian membayar dengan beberapa rupiah atau dollar lagu yang telah dipilih kemudian langsung di download melalui internet tadi. Hal ini merupakan bagian dan cara lain yang dapat menghindari pembajakan yang telah ada di Indonesia.

NaRuTo

Minggu menegangkan he2.. . .

2 minggu ini adalah saat yang membuat pusing kepala, UAS aduh gmn lagi namanya juga mo pintar n pngen dpt nilai keren ya udah kudu belajar. tapi situasi dan kondisi yang g pas bgt deh, musim hujan gt lho jadi hawanya orang sakit, lum lagi klo mau k kampus kudu ngrasain air hujan dulu. almamater basah, tas basah. bosen deh…

mudah2han aja smstr ini IP aku keren, yah sapa tau dosen aku pas lagi baik ht gt ngasih aku nilai keren. Doain aja ya tmn2 biar aku dpt IP 3,5 hahaha… kayaknya ga bgt deh..

ya Allah, kabulkanlah doaku amin. . . . .

haPpy bgt. . .

suer. . .

aku lg happy bgt,

ud lama menanti someone, akhirnya bisa ku dapatkan juga. rasanya aku mo gila tp masih bisa ku tahan. takut ntar gila beneran  he2……

 

BT baNgGetZ

Lagi Bt banget nih, banyak Tugas. . .

tapi gimana yah, namanya juga mahasiswa.

Pengen Pintar Makanya harus Belajar!!!

aduh apa lagi yah. . .

Pusing . . . . .!!!!

wanita_maniez

hari ini berawal dengan hari yang cerah, pagi ini hari jumat kesempatan untuk bermalas-malasan karena hari ini libur kuliah, heheehe…. (i love my badroom)

selesai shalat subuh, ga perlu buru2 bangun. . .

sayangnya hari ini aku udah ada planing buat nyuci spreiku, jadi yah!!!!

ga bisa buat nerusin mimpi indah. kebetulan td malam tuh aku mimpi indah mo tau apa???     aku mimpi ketemu NaRuTo wakakakakakaka.. . . . . . .

tapi aku botek’ !!

kasian bgt aku yah. . . .  pengen bgt aku mimpi ketemu NaRuTo, tapi malah ketemu gendruwo….    ih ngeri bgt. . . .  udah yah capek juga nih…

Pusing baNgGetZ. . . .

Pagi Dunia.. . .

kapan yah NaRuTo jg HokaGe ???

gimana yah bnyak bgt tugas, mana susah2 lagi .  . . . .

ampe kita bingung tugas mana yang mo dikerjain duluan,

pemograman pascal???

aduh ga ngerti deh…

ya mudah2an aja ada dewa penolongku he. . . . .

maksudnya yang ngasih tau!!

HuMoR LuCu bgt. . .

“Gara-gara Kucing”
Adi pada dasarnya tidak menyukai kucing. Ia semakin benci ketika istrinya memelihara seekor kucing. Adi merasa istrinya jadi lebih perhatian pada kucingnya daripada dirinya.
Suatu hari Adi memutuskan untuk membuang kucing tersebut secara diam-diam. Ketika istrinya sedang mandi, ia pamit pergi keluar sebentar dan dibawanya si kucing. Ketika Adi bermobil sekitar 10 km dari rumah, ia pun membuang kucing tersebut. Anehnya ketika ia sampai di rumah, si kucing sudah ada disana. Adi heran campur berang.
Sore harinya ia pergi lagi. Kali ini si kucing dibuangnya lebih jauh lagi. Namun tetap saja, sesampainya di rumah, kucing istrinya tersebut telah berada di sana. Adi berusaha membuangnya lebih jauh lagi, lebih jauh lagi, tapi tetap saja si kucing kembali ke rumah mendahului dirinya.
Suatu hari ia tidak saja membawa si kucing pergi jauh, tapi juga berputar-putar dulu. Adi belok kanan, belok kiri, belok kanan, belok kanan lagi, berputar-putar sebelum akhirnya membuang kucing yang dibawanya. Beberapa jam kemudian ia menelepon istrinya. “Tik, kucingmu ada dirumah?” tanya Adi. “Ada, kenapa? Tumben nanya si Manis segala” jawab istrinya agak heran. “Panggil dia Tik, aku mau tanya arah pulang. Aku kesasar….!”

STMIK Balikpapan KeReN lho!!!

aku suka bgt kuliah di STMIK,

pnya bnyak tm, trus bisa tau tentang komputer lagi, ngerti lah tentang IT,

cuman aja knp sih kadang Dosenx sering bgt absen????????

kita kan jadi BT gitu..

pokoknya buat Dosen2 STMIK pLieZ deh, kami mohon

rajin ngajar biar Mahasiswanya tambah pinter…

pokoknya Good Luck buat ank2 STMIK,

he2. . . . . .

sory kebanyakan basa-basi.

« Older entries